5 Unsur Penunjang Pendidikan

Dunia pendidikan merupakan cerminan suatu bangsa. tibuku yang ideal akan membuat murid mendapatkan pembelajaran yang tepat. Saat ini pendidikan Indonesia sedang dalam proses pengawasan seiring dengan maraknya kenakalan yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. Oleh karena itu pendidikan harus ditunjang dengan unsur yang akan membuatnya menjadi kokoh dan menyenangkan. Berikut ini adalah 5 penunjang pendidikan menurut Tibuku:

1. Media belajar yang digunakan
Media belajar adalah sesuatu metode yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan dari guru kepada muridnya, sehingga dapat menimbulkan pemikiran, perasaan, perhatian, serta minat murid yang mengarah pada sebuah proses belajar yang mudah dipahami. media belajar yang digunakan oleh siswa dalam dunia pendidikan sangat berfungsi untuk mengirimkan pengetahuan yang disampaikan oleh guru kepada murid dengan sempurna dan dimengerti dengan jelas, sehingga murid akan secara mudah memahami apa yang telah disampaikan oleh guru. Jika media belajar yang digunakan oleh guru tepat, maka akan membuat murid menjadi senang untuk belajar serta gampang pada saat menyerap pengetahuan yang diberikan.

2. Unsur sarana dan prasarana

Sarana prasarana yang sediakan oleh pemerintah dan pengurus sekolah sangat berpengaruh untuk menunjang berjalannya pendidikan. Sarana dan prasarana adalah suatu proses dari kerja sama pengadaan yang dilakukan secara baik dan benar. Dari pengertian tersebut dapat memperlihatkan bahwa adanya sarana dan prasarana di sebuah sekolah sangat diperlukan adanya pengadaan yang dilakukan oleh pemerintah yang dikelola secara baik dan benar untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah.

3. Kurikulum
Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memiliki peran yang penting yang strategis dalam tercapainya tujuan dari pendidikan itu sendiri. Kurikulum dalam dunia pendidikan memiliki tiga peranan yang sangat penting, yaitu sebagai berikut: pertama peran konservatif, kedua peran kritis dan evaluatif, serta ketiga peran kreatifitas. Ketiga peran tersebut haruslah terealisasi dengan sangat seimbang dan juga harmonis dengan beriringan. Hal ini dikarenakan untuk tercapainya tujuan dari pendidikan secara maksimal dan juga efektif.

4. infrastruktur yang menunjang
memiliki insfrastruktur yang menunjang akan membuat para siswa bersemangat untuk berangkat ke sekolah. Pemerintah juga harus mendukung sekolah dalam menciptakan bangunan yang layak untuk digunakan untuk siswa di sekolah. Insfrastruktur yang baik akan membuat siswa belajar dengan nyaman.

5. Tenaga pengajar yang relevan
Menjadi Guru tentunya harus memiliki motode belajar yang akan memudahkan murid dalam memahami pembelajaran. Guru juga harus mengajarkan pengetahuan yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Guru sebenarnya memiliki dua fungsi penting, pertama sebagai pengajar dan kedua sebagai pendidik. Oleh karena itu, seorang guru memiliki beban tanggung jawab yang sangat besar untuk kemajuan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *